Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan - Saat ini kita di hadapkan oleh musim penghujan, Hampir setiap hari kita di guyur hujan. di beberapa daerah bahkan dapat menyebabkan banjir dan longsor, Datangnya musim hujan tiap tahunya adalah faktor resiko terjadinya berbagai penyakit, Bahkan beberapa jenis penyakit mengalami peningkatan saat musim hujan tiba. Waspadalah dan tetap jaga kebersihan agar tetap sehat selama musim hujan 

Waspadai penyakit saat musim penghujan telah tiba, Beberapa penyakit meningkat kejadianya saat musim hujan diantaranya adalah influenza, infeksi saluran nafas, diare, serta penyakit kulit, untuk daerah yang terserang banjir harus waspada dengan penyakit Leptosirosis.

Cara Menjaga, Tips kesehatan, Hujan
Menggunakan payung saat hujan
 Pasca musim penghujan juga harus ekstra waspada akan munculnya penyakit Demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang hidup di sisa sisa genangan air hujan oleh karena itu, kita harus mewaspadai Penyakit demam Berdarah kita harus mengetahui Gejala Demam Berdarah, Cara Mencegah serta Mengobati secara Alami. Berikut adalah beberapa Tips Cara Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan antara lain 

  • Sedia payung sebelum hujan 
Cara paling efektif agar  kita tidak  terserang penyakit selama musim penghujan adalah memakai perlengkapan pelindung hujan seperti payung, jas hujan, sepatu tahan air. Usahakan memakai jas hujan saat hujan turun apabila anda ingin melakukan aktivitas di luar rumah, agar anda tidak basah kuyup dengan air hujan yang dapat menyebabkan anda sakit. 
  • Segera mandi setelah kehujanan  
Penyakit dapat masuk dalam tubuh saat daya tahan tubuh kita melemah serta saat suhu tubuh mengalami perubahan yang drastis, Dengan mandi akan mengurangi suhu tubuh yang dingin  karena terguyur air hujan selain itu dapat membersihkan tubuh dari kuman dan kotoran. Saat anda keringkan tubuh suhu tubuh akan berangsur angsur membaik kemudian minumlah segelas teh hangat atau makan kuah hangat. 
  • Olahraga rutin 
Meskipun musim penghujan mengakibatkan cuaca buruk sehingga aktivitas di outdoor berkurang, walaupun begitu tetaplah melakukan olah raga indoor seperti senam aerobic, push up, sit up, skipping dan lain lain, karena dengan berolahraga dapat menjaga stamina tubuh tetap fit. 

Tips Kesehatan, Cara menjaga, Hujan
Hujan
  • Jaga kebersihan tangan 
Tidak bisa di pungkiri dalam melakukan aktivitas sehari hari hampir setiap kegitan tersebut menggunakan tangan kita, sehingga berbagai macam kuman dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh kita setiap saat. Jangan menyentuh Wajah dengan tangan yang kotor karena kuman atau bakteri dapat masuk kedalam tubuh kita, untuk menjaga diri agar kita terhindar dari penyakit  pastikan setiap selesai melakukan kegiatan  kita mencuci tangan. 
  • Minum air yang cukup 
Musim penghujan Identik dengan suhu udara yang dingin sehingga  membuat kita merasa tidak haus sehingga kita  kurang minim, minum air putih merupan cara tidak langsung untuk menangkal penyakit. Minum air yang cukup dapat menggantikan cairan yang hilang akibat digunakan untuk aktivitas sehari hari, pastikan anda minum air selalu minimal 8 gelas sehari untuk menjaga Dehidrasi, Saat tubuh mengalami dehidrasi maka daya tahan tubuh akan melemah sehingga penyakit dapat masuk kedalam tubuh kita. Minum air rutin juga dapat membersihkan kuman yang melalui sitem saluran kencing untuk mencegah dari infeksi saluran kencing. 
  • Cukup istirahat 
Waktu istirahat yang ideal adalah 6-8 jam sehari, aturlah sedemikian rupa jadwal aktivitas harian anda sehingga anda  dapat beristirahat cukup. karena dengan beristirahat cukup dapat membuat tubuh menjadi fresh kembali setelah seharian beraktivitas. 

Demikian Artikel Tips Menjaga kesehatan Di Musim Hujan, semoga bermanfaat SALAM SEHAT. 

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan "