Gejala Hepatitis Yang Harus Diketahui

Gejala Hepatitis Yang Harus Diketahui - Hepatitis adalah Peradangan jaringan hati yang disebabkan oleh infeksi dan non infeksi, penyebab infeksi adalah virus, bakteri dan parasit sedangkan dari penyebab non infeksi adalah obat-obatan, bahan beracun/ hepatotoksik, alkohol. 

Pada umumnya infeksi hepatitis menyebabkan kerusakan terbesar pada organ hati, biasanya hepatitis virus akut di sebabkan oleh infeksi virus hepatotropik. Gejala dari hepatitis terkadang nampak, dan terkadang tidak jelas,atau bahkan secara cepat progresivitas dari virus hepatitis dapat menyebabkan kegagalan fungsi hati.
Gejala hepatitis, tanda tanda hepatitis, macam macam hepatitis
Hepatitis
HEPATITIS A 
adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang mana penularanya secara fecal-oral melalui makanan dan minuman. Masa inkubasi dari virus hepatitis a adalah 2-6 minggu dimana masa itu adalah waktu terjadinya infeksi dan timbulnya gejala klinis awal. Dari sinilah kita harus waspada dan harus tahu gejala awal yang timbul.  Oleh karena betapa Pentingnya artikel Gejala Hepatitis Yang Harus Diketahui

Gejala awal yang timbul dari hepatitis A antara lain : 
  • Lesu / lelah 
  • Demam 
  • Nyeri perut kanan atas 
  • Nafsu makan menurun 
  • Berat badan menurun 
  • Tubuh dan mata bewarna kuning. 
gejala hepatitis, hepatitis A, hepatitis B, Hepatitis C
Mata berwarna kuning
HEPATITIS A merupakan hepatitis level rendah di mana virus ini tidak dapat menyebabkan  kerusakan liver secara permanen. Hepatitis A merupakan jenis hepatitis dengan gejala ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya, Infeksi yang di sebabkan oleh virus hepatitis A dapat dicegah dengan vaksinasi hepatitis A, menjaga kebersihan dan sanitasi.  

HEPATITIS B 
adalah penyakit infeksi akut yang di sebabkan oleh virus hepatitis B, pada penderita yag terjangkit virus ini sistem imun tubuh tidak mampu untuk membunuh virus tersebut maka virus tersebut akan berkembang menjadi sirosis atau kanker hati.

Penularan Hepatitis B dapat melalui transfusi darah, tato, hubungan seksual yang disertai dengan kontak darah penderita, serta penggunaan alat suntik yang telah tercemar juga dapat di tularkan oleh ibu yang mengidap hepatitis B pada bayi yang dilahirkan.

Gejala umum Hepatitis B adalah : 
  • kurang nafsu makan 
  • Rasa tidak nyaman di perut 
  • Mual sampai muntah
  • Demam dan pembengkakan perut kanan atas
Infeksi oleh virus hepatitis B dapat di cegah dengan vaksinasi hepatitis B pada orang yang belum terjangkit Hepatitis B.

HEPATITIS C 
adalah peradangan jaringan hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis C, gejala dari hepatitis C tidak nampak secara langsung sehingga bila penderita telah terjangkit virus ini biasanya langsung terjadi infeksi kronis yang dapat menyebabkan peradangan hati, Bahkan dapat berlanjut ke sirosis hati. 

Pada beberapa kasus penderita sirosis hati dapat menyebabkan kegagalan hati serta komplikasinya menjadi kanker hati. Penyebab dari hepatitis ini adalah sama dengan hepatitis A maupun hepatitis B, serta bergantian menggunakan alat pribadi seperti sikat gigi, gunting, pemotong kuku, pisau cukur yang telah tercemar dengan darah penderita dan di gunakan bergantian. 

Hepatitis C ini tidak menular dengan kontak biasa seperti batuk,bersin,bersalaman. sedangkan pengobatan atau pencegahan virus hepatitis C dapat di cegah dengan pola hidup sehat dan menghindari sex bebas dan menggunakan narkoba suntik. Pengobatan hepatitis C Kronis adalah dengan Interferon alfa dan Anti viral.

Demikian Artikel saya Gejala Hepatitis Yang Harus Diketahui. Semoga bermanfaat.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Gejala Hepatitis Yang Harus Diketahui"

Post a Comment