APAKAH ITU TORCH ?

APAKAH ITU TORCH ? TORCH adalah kumpulan dari beberapa penyakit yang terinfeksi oleh parasit atau virus, Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri/virus Toxoplasma gondi, Virus Rubella, Cytomegallo virus, dan Virus Herpes simplex I dan II. Sebenarnya keempat kelompok penyakit ini tidak begitu berbahaya apabila setiap individu mempunyai sistem imun tubuh yang baik.

Kelompok virus ini sangat berbahaya  bagi ibu hamil dan apabila terjangkit virus ini dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, cacat. Dampak Negatif dari TORCH hanya akan terjadi pada ibu yang sedang hamil karena infeksi akan di tularkan kepada janin yang akan di lahirkan yang akan menyebabkan Abortus, Lahir mati dan cacat lahir. Dampak Negatif yang di hasilkan sangat merugikan ibu yang hamil, keluarga, dan lingkungan.

Torch, Pengertian torch, cara mengobati torch
TORCH
 Pada umumnya infeksi torch dapat di deteksi dengan pemeriksaan darah, di laboratorium yg akan di periksa adalah
  1. Toksoplasmosis : IgM, IgG, dan aviditas IgG terhadap toksoplasmosis 
  2. Rubella : IgM, IgG terhadap infeksi Rubella 
  3. Cytomegalo Virus : IgM, IgG terhadap infeksi cytomegalo virus 
  4. Herpes simplex I dan II : IgM, IgG terhadap infeksi herpes
Jika IgG nya negatif dan IgM nya positif artinya Infeksi terjadi di masa lampau dan tubuh telah membentuk antibodi  dan pada keadaan ini tidak perlu di obati,
Namun jika IgG negatif dan IgM positif Artinya Infeksi baru terjadi dan harus diobati serta menunda kehamilan.  

Parasit atau virus penyebab TORCH adalah
  • Toxoplasma gondi
Penyakit yang di sebabkan dari Parasit Toxoplasma gondi disebut dengan penyakit Toksoplasmosis, penyebaran parasit Toxoplasma gondi melalui hewan seperti KUCING, kucing yang sakit akan mengeluarkan ookista yang banyak sekali melalui tinja, sedangkan hospes perantara adalah sapi,ayam,kambing, dan babi. pada umumnya paarasit ini dalam bentuk kista di organ tubuh hewan perantara tersebut.

Apabila kita makan makanan yang kurang bersih. sayur dan buah dapat terinfeksi bila dalam mengkonsumsi tidak di cuci dahulu, Maka dari itu betapa pentingnya kita melakukan pola hidup bersih untuk menghindari penyakit. Oleh karena itu betapa pentingnya kita mengetahui APAKAH ITU TORCH???
  • Virus Rubella 
Dalam istilah awam Rubella ini di sebut dengan Campak jerman (German Measles) tapi harus di bedakan dengan Rubello atau Campak biasa (measles). Tanda tanda dari penyakit ini adalah adanya panas tinggi dan keluar bintik bintik merah dan kemudian hilang dengan sendirinya.Pada wanita hamil sering terinfeksi penyakit ini dan bisa menyebabkan abortus, organ tubuh yang diserang virus ini adalah mata, jantung, saraf pusat dan saraf pendengaran.  
  • Cytomegallo virus
Virus ini sering menyerang pada balita dan usia dewasa muda, penularan infeksi Virus ini Melalui air liur, dahak, transfusi darah dan hubungan seksual. Pada Janin organ yang diserang adalah hati dan limpa sehingga menyebabkan kekuningan pada tubuh, bahkan dapat menyebabkan anemia, cacat pendengaran,dan keterbelakangan mental.

torch, pengertian torch, Cara mengobati torch
TORCH
  • Virus Herpes simplex I dan II (HSV) 
Ada dua jenis HSV yaitu HSV I dan HSV II. dampak negatif dari kedua virus tersebut berbeda beda. Virus HSV I menyebabkan kelainan pada mukosa mulut,mata dan gatal. Sedangkan HSV II menimbulkan gejala berupa luka mirip sariawan yang berada di sekitar kemaluan yang terasa sangat pedih. Penularan dapat melalui hubungan seksual.

Betapa pentingnya kita mengetahui APAKAH ITU TORCH??? agar kita bisa mengantisipasi dan mengambil langkah awal untuk pencegahan dari TORCH!!!!!! Segera lakukan pemeriksaan darah di laboratorium untuk mendeteksi akan adanya TORCH.

Demikian Artikel saya kali ini semoga bermanfaat. SALAM SEHAT.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "APAKAH ITU TORCH ?"

Post a Comment