Bahaya Konsumsi Ayam Broiler

Bahaya Konsumsi Ayam Broiler - Siapa yang tidak tahu dengan lauk pauk yang satu ini, daging ayam jenis lauk pauk yang dapat di jangkau dari kalangan tinggi sampai kalangan rendah karena harganya yang relatif murah,  daging ayam telah tersedia di setiap warung nasi atau restoran untuk mendapatkanya sangat mudah sekali.  Oleh Karena itu sebelum Mengkonsumsi Kita harus tahu Bahaya Konsumsi Ayam Broiler.

Daging ayam merupakan sumber protei hewani yang tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, Namun apakah anda tahu jika tidak semua makanan yang kita konsumsi tidak semuanya menyehatkan termasuk daging ayam yang marak di jual di pasaran, di dalam pasar terdapat 2 jenis daging ayam yang dikenal yaitu daging ayam broiler/ras  dan daging ayam kampung, tapi kebanyakan orang lebih memilih ayam broiler karena selain harganya lebih murah daging ayam broiler lebih empuk dan ukuranya lebih besar,

Bahaya Ayam Broiler, Ayam Broiler, Ayam Potong
Bahaya Konsumsi Ayam Broiler
 Namun apakah masyarakat tahu Bahaya Konsumsi Ayam Broiler, bagaimana cara pemeliharaanya, apakah ada efek samping bila kita sering mengkonsumsinya atau bahkan kita jadikaan makanan keseharian....? 

Kalo kita membeli daging ayam di pasar traditional ayam broiler di kenal dengan ayam potong, bila kita menyebutkan ayam potong maka kita akan mendapatkan daging ayam broiler. Ayam ras atau ayam broiler ini merupakan ayam pedaging yang di kembangkan atau diternak untuk usah komersial massal, dan juga untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Ayam ini di kembangkan sejak tahun 1957 silam dan pertumbuhan ayam ini selalu memngalami perubahan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Sampai sekarang, ukuran ayam ini telah mengalami perubahan bentuk lebih besar tiga kali lipat dibanding tahun pertama, mengapa bisa terjadi demikian?

Untuk memenuhi kebutuhan pasar berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan ayam yang mempunyai tubuh yang lebih besar dan masa panen yang relatif singkat, salah satunya dengan di berikanya Growth Promotor (pemacu pertumbuhan) sebuah penemuan untuk mempercepat pertumbuhan ayam agar menghasilkan daging lebih banyak. untuk mendapatkan daging yang lebih banyak Growth Promotor oleh peternak sering diberikan padahal efek yang dihasilkan kurang baik.

Pada umumnya pertumbuhan ayam broiler /ayam potong baru dapat dikonsumsi atau di potong setelah berumur antara 5-7 bulan. namun perkembangan sekarang ini ayam broiler hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat yaitu 45 hari saja untuk dapat di konsumsi, pertumbuhan yang super cepat inilah yang dapat membuat ayam broiler masih tetap dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Bahaya Ayam Broiler, Ayam Broiler, Ayam potong
Ayam Broiler
Growth Promotor atau pemacu pertumbuhan memiliki beberapa jenis diantaranya adalah bakteri, hormon, dan sintesis hormon, sedangkan yang dipakai untuk mengembankan ayam broiler saat ini adalah hormon yangberupa hormon esterogen. Hormon Esterogen merupakan hormon yang paling banyanyak dimiliki oleh perempuan, Hormon ini digunakan untuk mempercepat pertummbuhan dan meningatkan nafsu makan.

Maka tak heran jika pertumbuhan ayam broiler lebih cepat dari pada ayam kampung atau ayam peternak lainya, selain itu menggunakan Growth Promotor ayam broiler juga selalu disuplai makanan berupa konsentrat sehingga aktivitasnya yang hanya makan dan tidur membuat daging ayam ini menimbun lemak. sehingga terlihat besar dan gemuk.

Hormon esterogen yang telah disuntikan pada ayam broiler telah mendarah daging. Hormon yang telah melekat pada ayam ini apabila sering di konsumsi oleh seseorang akibatnya akan berlebihnya kadar hormon esterogen pada tubuh orang tersebut sehingga hormon lain yang terdapat pada tubuhnya akan terganggu bahkan berubah. Resistensi bakteri pun juga akan terjadi pada tubuh manusia yang telah terpapar residu antibiotik. artinya bakteri tertentu akan  kebal terhadap antibiotik sejenis  apabila seseorang mengobatinya bakteri tersebut tidak akan mati.

Adapun perubahan yang akan terjadi pada seseorang yang sering mengkonsumsi ayam broiler adalah sebagai berikut :
  1.  Kadar kolesterol akan terus meningkat dan juga mempengaruhi meningkatnya hormon kortisol yang dapat mengakibatkan stress pada seseorang. bahkan ada penelitian bahwa kolesterol ayam broiler lebih tinggi dibandingkan bebek. 
  2. Asam urat yang akan terus mmeningkat 
  3. Apabila yang mengkonsumsi ayam tersebut adalah laki laki maka laki laki tersebut cenderung tumbuh seperti perempuan karena banyaknya hormon esterogen ( hormon pada Perempuan)  yang disuntikan pada ayam broiler. ciri fisik yang muncul dada yang membesar, hilangnya bulu rambut, bahkan mengubah perilaku  sehingga sering kita jumpai pada belakangan ini. 
  4. Apabila ayam tersebut dikonsumsi oleh perempuan maka perempuan tersebut akan mengalami perubahan perkembangan organ dan sistem reproduksi yang signifikan salah satunya anak perempuan akan mengalami menstruasi /haid lebih dini meskipun usianya belum seharusnya. 
Demikian penjelasan Bahaya Konsumsi Ayam Broiler, Semoga bermanfaat. SALAM SEHAT   

Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Bahaya Konsumsi Ayam Broiler "

  1. Aku sudah mulai berhenti makan ayam potong. Termasuk jeroan. Hasilnya mantap! Badan lebih terasa fres

    ReplyDelete
  2. bisa jalan alternatif pengganti daging ,yaitu gluten proteina,

    ReplyDelete