Diabetes: Pengertian, Jenis, Gejala dan Cara Mengobati

Diabetes: Pengertian, Jenis, Gejala dan Cara Mengobati. DIABETES ATAU DIABETES MILITUS (DM) di Indonesia lebih di kenal dengan penyakit kencing manis, glukosa dalam darah menjadi tinggi apabila pankreas dalam tubuh kita tidak dapat memproduksi hormone insulin dengan jumlah yang cukup untuk membantu proses masuknya gula / glukosa kedalam sel-sel darah atau malah sebaliknya tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang di hasilkan oleh  pankreas.

Apabila kedua hal tersebut di atas terjadi didalam tubuh kita maka kita akan terkena penyakit diabetes militus.
Pengertian, Gejala dan Cara Mengobati Diabetes
Diabetes

Apakah INSULIN itu ??????
INSULIN adalah hormon yang di produksi oleh pankreas sebuah organ yang letaknya ada di samping lambung, hormon insulin bertugas membantu menyalurkan gula/ glukosa ke dalam sel-sel tubuh, yang akan di ubah menjadi ENERGI untuk tubuh. Dan apabila jumlah insulin yang di hasilkan oleh pankreas tidak cukup maka akan terjadi penimbunan  gula dalam darah sehingga menyebabkan diabetes. 

Ada 2 jenis diabetes yaitu :

1. Diabetes tipe 1 (Insulin Dependent Diabetus Militus)
Diabetes tipe 1 atau diabetes militus yang bergantung pada insulin adalah penyakit diabetes yang di sebabkan karena fungsi dari organ pancreas yang tidak dapat memproduksi ataumenghasilkan insulin.
Jadi… diabetes tipe 1 ini berkaitan dengan kerusakan fungsi organ pancreas dalam  memproduksi insulin.  Kebanyakan penderita diabetes tipe satu ini usianya di bawah 30 tahun  oleh karena itu, penyakit ini sering di juluki dengan diabetes anak anak, karena kebayakan pnderitanya adalah remaja dan anak anak.

PERAWATAN DIABETES TIPE 1
DIABETES tipe 1 ini di sebabkan karena fungsi organ pancreas dalam menghasilkan insulin, sehingga tubuh kekurangan insulin maka dari itu insulin harus di tambahkan kedalam  tubuh setiap hari  dengan cara menyuntikan insulin edalam tubuh (terapi insulin).

Cara lain yang dapat ditempuh selain dengan terapi insulin  adalah dengan memperbaiki fungsi pancreas apabila pancreas dapat berfungsi dengan normal maka tubuh akan terpenuhi kebutuhan insulin .

2. Diabetes tipe 2 (Non-Insulin Dependent  Diabetus Militus)
Diabetes tipe 2 atau diabetes militus tanpa tergantung pada insulin adalah penyakit diabetes yang di sebabkan karena tidak cukupnya insulin yang dibutuhkan oleh tubuh, kebanyakan insulin yang di hasilkan pankreas di hisap oleh sel-sel lemak yang terkumpul dalam tubuh akibat dari gaya hidup dan pola makan yang tidak baik.  Sehingga pankreas tidak dapat  memenuhi kebutuhan insulin yang cukup untuk  tubuh oleh karena itu kadar gula dalam darah  menumpuk.

Sekitar 90% sampai 95% penderita diabetes menderita kategori diabetes tipe 2 ini. Jenis diabetes tipe 2 ini sering diderita oleh orang dewasa yang berumur 30 tahun ke atas.

PERAWATAN DIABETES TIPE 2
PERAWATAN DIABETES TIPE 2 INI adalah dengan mengoptimalkan fungsi kerja dari pancreas agar mampu memproduksi insulin lebih banyak lagi, jika pancreas bisa menghasilkan insulin lebih banyak maka kadar gula dalam darah akan menurun.

Cara yang ampuh untuk mengatasi diabetes tipe 2 ini yaitu dengan menjaga pola makan yang baik untuk mengurangi berat badan dan gula, serta berolahraga secara teratur.

GEJALA GEJALA TERKENA DIABETES
  • Sering pusing dan mual
  •  Lebih banyak buang air kecil terutama di malam hari  
  • Mudah mengantuk dan lelah  
  • Luka atau borok pada kulit yang tak kunjung sembuh
  •  Kesemutan pada daerah tangan dan kaki 
  • Mudah lapar karena kurang energi
Walaupun gejala gejala di atas menunjukan terkena diabetes tapi tidak dapat sebagi acuan alangkah baiknya apabila melakukan pengecekan secara medis untuk memastikan menderita diabetes atau tidak. Ada beberapa alternative yang bisa anda lakukan :
  • TES DARAH 
  • TES URINE  
  • TES DENGAN GLUKOMETER .
CARA MENCEGAH DAN MENGENDALIKAN DIABETES 

Mengingat akan bahayanya penyakit diabetes serta komplikasi yang di timbulkan, dengan mencegah dan mengendalikan kadar gula yang tinggi adalah cara yang paling terbaik Ingin tau caranya….????? 

Jawabanya adalah Dengan menurunkan berat badan karena lemak dalam tubuh dapat menyerap insulin yang seharusnya di gunakan oleh tubuh untuk membantu sel-sel tubuh merubah glukosa menjadi energi sehingga tidak terjadi penumpukan gula/glukosa dalam darah. 
  •  Pilih makanan yang berserat tinggi dan glukosa kompleks
  •  Hindari makanan berlemak  
  • Hindari goreng-gorengan  
  • Hindari makanan yang di awetkan
  •  Perbanyak minum air putih  
  • Hindari stress
  • Olahraga secara teratur hindari alcohol atau softdrink 
  • Terapi insulin bagi penderita diabetes tipe 1
  •  Minum obat yang di anjurkan dokter untuk menurunkan kadar gula.
Semoga artikel saya bermanfaat… SALAM SEHAT.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Diabetes: Pengertian, Jenis, Gejala dan Cara Mengobati"

Post a Comment